kardianatangkas.blogspot.com/2010_05_01_archive.html



Selasa, 03 Agustus 2010

Tips Menggunakan Air



AIR tidak hanya berfungsi untuk memuaskan dahaga. Tetapi, air merupakan obat yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan, menjernihkan pikiran, dan menjaga keseimbangan dalam jaringan-jaringan tubuh kita.Sebagian besar dari tubuh terdiri dari air dan setiap sel sebagian besar terdiri dari air. 70% dari tubuh kita terdiri atas air. Air ini digunakan terus-menerus dalam proses kehidupan. Karena itu, kita harus selalu mengisi persediaan.
Tetapi, banyak orang yang gagal memenuhi kebutuhan tubuhnya akan air. Jika Anda kekurangan air, sel-sel akan mulai menarik air dari aliran darah. Akibatnya, darah akan mengental, sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah dan tubuh akan mulai mengarahkan darah menjauh dari area yang kurang vital. Dehidrasi mungkin saja sudah terjadi sebelum Anda merasa haus. Hal ini merupakan beban bagi tubuh karena akan mengganggu fungsi ginjal dalam menjernihkan darah dan membantu tubuh melepaskan racu-racun. Selain itu, air juga meningkatkan metabolisme dan menstimulus fungsi usus.

Tanpa makan Anda bisa masih tetap hidup untuk beberapa hari, tapi tanpa air sehari saja nyawa kita sudah tidak dapat tertolong. Semua makhluk hidup di bumi ini 70% isi tubuhnya adalah air, segala bentuk makanan yang kita buat awalnya menggunakan air. Air putih adalah minuman yang kita munim sehari-hari, minuman yang mampu memperpanjang umur kita, minuman yang sangat baik. Kebanyakan penyakit dikarenakan kurang mengkonsumsi air putih. Minimal manusia mengonsumsi air putih 2 liter setiap hari, maka tubuh kita akan selalu sehat bugar.
Sekitar 70 persen hidup anak-anak lebih suka meminum minuman kaleng, atau bisa disebut minuman sampah, sekitar 50 persen orang dewasa hidupnya meminum minuman kaleng (sampah). Memang minuman kaleng lebih terasa enak, tapi rasa enak hanya dari mata sampai di lidah, setelah mencapai kerongkongan, minuman itu akan menjadi penyakit. Jadi sama dengan kita meminum sampah. Lalu ada memang minuman yang lain yang sehat selain air putih yang banyak dikonsumsi orang, seperti susu, teh, jamu. Tapi jika semua itu berlebihan maka akan berpenyakit juga. Tidak ada selain air putih yang tidak berpenyakit jika dikonsumsi berlebihan. Dan orang-orang lebih dominan mengkonsumsi minuman kaleng karena mereka belum sadar akan kesehatannya, mudah diperdaya pada kemasan dan rasa minuman kaleng, dan mereka sangat tidak peduli akan pentingnya meminum air putih.
Jika semua hal itu dilakukan dari kecil, maka penyakit pun akan datang. Seperti sakit kerongkongan, batuk, penyakit ginjal, penggumpalan darah, kanker hati, lambung menjadi rusak, sampai kanker otak. Dan jika tidak di obati dengan segera, hidup kita hanya tinggal kenangan. Air juga bisa sebagai obat dalam menghadapi penyakit-penyakit tersebut, seperti air dapat digunakan sebagai terapi.
Berdasarkan hasil penelitian, penyakit dibawah ini mengalami perbaikan dengan terapi air dalam waktu seperti yang disebutkan:
• Keasaman: 2 hari
• Diabetes: 7 hari
• Tekanan darah dan hipertensi: 4 minggu
• Kanker: 4 minggu
• Tuberculosis paru: 3 bulan
Jika Anda menderita arthritis atau rematik, ada baiknya melakukan terapi ini 3 kali sehari; pagi, siang, dan malam hari, 1 jam sebelum makan, selama 1 minggu. Selanjutnya 2 kali sehari sampai penyakit sembuh.
Cara melakukan terapi air
• Begitu bangun pagi, sebelum menggosok gigi, minumlah 1.50 liter air (setara dengan 5-6 gelas).
• Satu jam sebelum dan sesudah minum air ini, kita sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman lain atau makanan solid lainnya.
• Tidak boleh minum alkohol pada malam sebelumnya.
• Gunakan air yang sudah dimasak
Dan tidak sembarang air putih yang dapat Anda minum, air putih yang baik adalah air yang didapatkan dari keran atau sumur, yang direbus sampai mendidih selama 5 menit. Maka air yang Anda konsumsi akan aman. Jika langsung Anda meminum air yang keluar dari keran, bukannya bertambah sehat, tapi bertambah sakit. Karena air yang keluar dari keran belum steril masih bercampur dengan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Dan ada dua macam air putih yaitu air dingin dan air hangat. Keduanya sama-sama bagus tetapi lebih baik minum air yang hangat.
Air yang dikonsumsi berlebihan memang baik, tetapi akan merugikan juga. Tapi tidak menyebabkan penyakit. Hanya saja jika meminum air yang berlebihan air itu tidak akan berfungsi dan akan dikeluarkan lewat saluran kencing dan keringat. Setiap 30 menit kita akn terganggu karena ingin kencing tetapi kencing yang seperti itu dikatakan orang yang sehat. Tapi lebih baik minum air putih sesuai aturan yaitu meminum ½ dari berat badan dalam ukuran ounce air (1 ounce air setara dengan 0.0284 liter). Sebagai contoh, jika berat badan Anda 150 pon (75 kg), sebaiknya Anda minum 75 ounce air (2.13 liter air).
Ada beberapa solusi agar Anda dan sekeluarga agar meminum air putih dan mengurangi meminum minuman tidak sehat.
1. Melakukan pencerahan kepada anak
2. Menakut-nakuti anak
3. Membiasakan diri untuk meminum air setiap pagi
4. Memasak air yang bervariasi seperti rasanya diubah, agar anak-anak tertarik untuk meminumnya
5. Lebih memperdalam tentang manfaat air bagi tubuh dan makhluk hidup lainnya
6. Membawa selalu botol minuman kemanapun Anda pergi.
7. Atau boleh memakan-makanan yang mengandung mineral
8. Mencari dan menempel di dapur atau kamar artikel tentang manfaat air pagi tubuh agar selalu ingat.
9. Hitung budget Anda, Anda bisa mengalokasikan dana tersebut untuk keperluan lain selain membeli minuman siap saji.

1 komentar:

Rama mengatakan...

wah ribet dan serem banget penyakitnya...
tapi thxs ya, tugasku jadi lese...